CARA PENDEKATAN IMPLEMETASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH GURU DI SEKOLAH

Assalamualaikum Kuncimedia,Salam Berbudi.....Program pembelajaran kontekstual merupakan rencana kegiatan kelas yang dirancang oleh guru yang berisi skenario tahap demi tahap tentang apa yang akan dilakukan bersama anak didiknya sehubungan dengan topik yang akan dipelajari. Dalam konteks ini,program yang dirancang oleh guru benar-benar merupakan rancangan pribadi tenatang apa yang akan dilakukan saat mengajar dikelas.

Atas dasar itu, yang harus diperhatikan daklampenysuunan RPP berbasis kontekstual  adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan kegiatan pertama pembelajran yakni gabungan  antara standar kompetensi, kopetensi dasar, materi pokok dan pencapaian hasil belajar
  2. Pastikan tujuan umuum pembelajaran
  3. Merinci media untuk mendukung kegiatan
  4. Membuat skanario tahap kegiatan siswa
  5. Pastikan secara tepat data peserta didik yang dapat diamati dalam pembelajaran  
Pada pendekatan pembelajaran kontekstual yang digunakan oleh guru harus menekankan pada hal-hal dibawah ini :

  1. Guru harus menggunakan pendekatan dengan belajar berbasis masalah dimana pendekatannya dengan mengguunakan masalah yang nyata terjadi dilingkungan kita sebagai konteks bagi peserta didik untuk belajar berpikir kritis dan ketraampilan pemecahan masalah serta dapatkan pengetahuan dari materi pembelajaran yang dibahas saat itu.
  2. Guru harus menggunakan pendekatan pengajaran autentik yakni mempersilahkan peserta didik untuuk mempelajari konteks bermakna
  3. Guru harus menggunakan pendekatan belajar berbasis menemukan
  4. Guru menggunakan pendekatan belajar berbasis proyek yakni linkungan belajar didesain agar dapat melakukan penyelidikan masalah autentik dan juga pendalaman materi serta melaksanakan tugas lainnya
  5. Guru mengunakan pendekatan belajar berbasis kerja yakni menggunakan konteks tempat kerja untuk mempelajari materi  pelajaran dan bagaimana materi tersebut digunakan ditempat kerja.
  6. Guru mengunakan pendekatan belajar berbasis layanan jasa yakni Pengajaran  uyang menggabungkan layanan-jasa masyarakat dengan struktur berbasis sekolah
  7. Guru menggunakan pendekatan belajar kooperatif yakni pendekatan dengan membuat kelompok-kelompok kecil agar peserta didik bekerjasama dalam mencapai tujuan belajar.
Guru dalam pembelajaran dikelas atau diluar kelas harus disesuaikan dengan rencana pembelajaran yang dibuat sebagai ilustrasi dari implemetasi pembelajarn kontekstual. Dengan demikian materi yang disampaikan kepada peserta didik dikelas dan luar kelas dapat dipahami dengan mudah karena materi pembelajaran tersebut dikaitkan dengan persoalan yang dekat dengan kehidupan peserta didik.

Dengan cara diatas akan menarik dan membangun budaya kemandirian peserta didik sehingga mereka mampu mengembangkan secara kreatif dan produktif. Selain itu akan tercipta jiwa peserta didik dengan pribadi-pribadi paradima yang kritis, mampu membaca peluang dan persoalan yang terjadi di masyarakat serta mampu menyikapi dengan tepat persoalan tersebut.

Selanjutnya,poin penting yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan pendekatan pembelajaran kontekstual  yakni :
  1. Pendekatan pembelajaran kontekstual akan memberikan porsi yang luas guru untuk mengeksplor kemampuannya agar mampu mencari rumusan materi pembelajaran yang membuka kesadaran peserta didik  sehingga menjadi pripadi-pribadi yang berwawasan luas
  2. Pendekatan pembelajaran kontekstual sangat tepat digunakan di abad digital ini karena akan mendorong dan merangsang peserta didik untuk mampu berpikir kreatif dan produktif. Oleh sebab itu pembelajaran tidak jaman lagi di abad digital ini dengan pembelajaran banyaknya teori-teori tapi peserta didik diarahkan menggunakan pikirannya secara terbuka dengan wasawasan luas.
  3. Pendekatan pembelajaran kontekstual sebagai alternatif di abad digital ini. Di abad digital ini, pembelajaran kontekstual menfasilitasi guru dan peserta didik untuk bekerjasama dalam proses pembelajaran tersebuut. 

Dengan pendekatan pembelajaran kontekstual diharapkan akan menghasilkan dinamika pembelajaran yang semakin kreatif, produktif, inovatif dan menumbuhkan peta pembelajaran dalam kelasa dan luar kelas yang lebih hidup dan konstruktif. (Referensi dari buku M.Yamin “Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan”)

Semoga dengan informasi penjabaran tentang pendekatan implementasi pembelajaran kontekstual akan memberikan alternatif wawasan lain yang digunakan oleh bapak ibu guru dalam merancang RPP yang digunakan dalam mengajar.

0 Response to "CARA PENDEKATAN IMPLEMETASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH GURU DI SEKOLAH"

Post a Comment