PROSEDUR YANG DIGUNAKAN APABILA TERJADI PENGANTIAN OPERATOR SEKOLAH

Assalamualaikum Kuncimedia,Salam Berbudi....Dalam pendataan siswa dan guru secara online agar tuntas , maka sekolah menunjuk guru atau tenaga kependidikan sebagai operator sekolah. Salah satu tugas operator sekolah adalah dalam pendataan peserta didik.

Banyak diantara temen-temen pendidik berkumpul di ruang guru sekolah melontarkan pertanyaan bisa gak operator diganti?. Kenapa itu terjadi bisa jadi karena lambannya pendataan yang dilakukan oleh operator tersebut atau operator tersebut terkena imbas mutasi disekolah lain atauu hal lain sehingga operator tersebut haruus diganti.  

Kasubag Data dan Informasi Setditjen Dikdasmen Satriyo Wibowo menginformasikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi,  Kepala Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten, dan Kepala SMA dan SMK, berkaitan dengan pengantian operator sekolah


Ini dilakukan karena berkaitan dengan banyaknya pertanyaan tentang pergantian operator sekolah. Ada dua hal yang harus diperhatikan yakni akun aplikasi dapodik dan akun single sign on.  

Prosedur yang harus diperhatikan dalam pengantian operator sekolah adalah
  1. Perubahan akun atau penambahan akun dapodik, yang dapat dilakukan di fitur manajemen pengguna pada menu pengaturan.
  2. Pastikan kode registrasi aktif yang digunakan
  3. Setelah itu silakan melakukan sinkronisasi untuk dapat login di manajemen sekolah dan beberapa akses lainnya
Perubahan akun single sign on (SSO) dapat merubahnya langsung melalui http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ :
  1. Silakan daftarkan anggota baru disertai dengan sk penugasan sebagai operator sekolah.
  2. Setelah melakukan pendaftaran ulang maka dengan otomatis akun lama akan terhapus.
  3. Jika tidak ingin akun pribadi yang didaftarkan pastikan ada akun sekolah sehingga jika kepala sekolah ingin memiliki akses akun tersebut dapat diberikannya
Catatan penting yang diperhatikan adalah
  1. Untuk penambahan akun dinas pendidikan baik Kabupaten kota maupun propinsi pun demikian dapat mendaftarkan di laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id
  2. Kode registrasi sekolah pun dapat dilihat pada laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id, adapun caranya adalah login terlebih dahulu, klik profil, lalu klik kode registrasi pada bagian bawah foto.
  3. Harap diperhatikan bahwa kode registrasi bersifat rahasia
  4. Hak akses terhadap kode registrasi tidak dimiliki Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang pendidikan menengah (SMA dan SMK).
Demikian informasi tentang pengantian operator sekolah tersebut, semoga memberikan kemudahan dalam pendataan siswa dan guru melalui aplikasi dapodik.

0 Response to "PROSEDUR YANG DIGUNAKAN APABILA TERJADI PENGANTIAN OPERATOR SEKOLAH"

Post a Comment