CIRI-CIRI PESERTA DIDIK DIKATAKAN CERDAS ATAU SUPERIOR

Assalamualaikum Kuncimedia,Salam Berbudi....Orang tua sering dan banyak  mengatakan bahwa pendidikan anak mereka semata-mata tanggungjawab guru disekolah. Tapi mereka lupa dimana guru adanya kontak dengan siswa hanya dalam 6 jam dan selebihnya kontak dengan orang tua itu sendiri.  Orang tua juga sering percaya bahwa seorang guru tahu,atau seharusnya tahu bagaimana yang terbaik untk meningkatkan prestasi siswa dan mampu mengobati pasien dengan teknik-teknik jitu yang amat dibutuhkan oleh siswa untuk keberhasilan akademik.

Harapan orang tua yang terlalu berlebihan menuntut guru harus bisa membuat anaknya pintar. Menurut bapak ibu guru apakah ini adil? Terus peran orang tua yang kontak dengan anak 17 atau 18 jam tiap hari Gimana? Jangan selalu menyalahkan guru  tentang anaknya bila tidak berhasil, harusnya orang tualah yang berperan aktif mengawasi anaknya di luar sekolah.

Agar berjalan baik maka guru dan orang tua bersinergis bersama untuk mengajar, membimbing dan melatih agar siswa menpunyai akhlak dan akademiknya baik.  Bila disekolah gurulah dan apabila dirumah atau diluar sekolah orang tualah yang berperan.

Dalam membimbing siswa, guru melihat dang mengamati tingkah laku dan minat terhadap pelajaran. Dan sering guru bertanya pada diri sendiri, apa yang harus dimiliki oleh peserta didik dengan tujuan meperbaiki dan melebihi secara akademik?  Siswa dengan rata-rata nilai selalu baik, cenderung akan menunjukkan sepuluh ciri.

Menurut buku mengevaluasi siswa penerbit grasindo, Sepuluh ciri dari siswa-siswi yang dikatakan efektif atau dengan kemampuan akademik yang baik adalah :
  1. Siswa yang cerdas akan mengaktivasi dan menggunakan latar belakang informasi dan pengetahuan
  2. Siswa yang cerdas akan memahami tujuan membaca dan mempelajari suatu teks khusus
  3. Siswa yang cerdas secara sistematis menyusun informasi dan dapat melihat beberapa permbedaan antaraa ide-ide yang serupa
  4. Siswa yang cerdas akan mampu mengabaikan hal-hal kecil sementara memusatkan perhatian pada ide dan tema yang lebih penting damn lebih besar.
  5. Siswa yang cerdas mampu membaca teks dan materi dikelas secara kritis dan mencari-cari kalau didalamnya ada yang tidak konsisten
  6. Siswa yang cerdas akan menyeimbangkan detail-detail khuusus dengan informasi umum
  7. Siswa dengan nilai rata-rata yang sangat baik menerjemahkan informasi baru kedalam lambang-lambang
  8. Siswa dengan nilai yang sangat baik menarik dan menguji berbagai macam kesimpulan
  9. Siswa yang cerdas akan mampu memonitor diri sendiri, mengevaluasi dan meperbaiki gaya belajar dan strategi belajar mereka.
  10. Siswa dengan nilai yang sangat baik menyadari harapan guru dan sistem penilaian sekolah
Demikianlah kiteria atau  ciri-ciri siswa yang pintar atau cerdas secara akademik disekolah. Semoga dengan dengan langkah-langkah ini akan orangtua bisa mengarahkan anaknya.

0 Response to "CIRI-CIRI PESERTA DIDIK DIKATAKAN CERDAS ATAU SUPERIOR"

Post a Comment