EMPAT POIN PENTING KARAKTERISTIK PTK GURU

Assalamualaikum Kuncimedia,Salam Berbudi.....Dalam penelitian tindakan kelas haruslah guru meperhatikan beberapa karakteristik karena sebagai pedoman dalam penelitian.

Karakteristik dalam PTK  disimpulkan ada 4 poin, adalah sebagai berikut :  Pertama, Guru merasa ada permasalahan yang  mendesak untuk segera diselesaiikan di Dalam Kelasanya. Guru yang ingin melakukan penelitian PTK paling tidak harus mempunyai pangilan jiwa untuk turut berjuang memperbaiki kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu.  Bila guru yang melakukan PTK terpaksa atau tidak niat dengan tulus maka hasil penelitiannya akan banyak errornya  karena banyak faktor-faktor yang diabaikan di penelitian tersebut.

Contohnya adalah guru sudah mengajarkan tentang pemuaian volume berulang kali dengan lantihan soal yang banyak tetapi pas dilakukan ujian ternyata yang lulus diatas KKM hanya 20% dan yang tidak tuntas sebanyak 80%. Dari dasar ini, guru akan merefleksi diri kenapa mengapa hal ini terjadi. Dari repleksi ini guna untuk meningkatkan minat siswa terhadap materi Fisika dengan cara apa saja yang penting siswa tersebut untuk meningkatkan ulangan fisika.

Kedua, mengadakan refeksi diri. Refleksi diri adalah ciri khas PTK yang paling efektif. Karena dari sinilah kita bisa membedakan antara PTK dengan penelitian umum termasuk pengumpulan data. Refleksi diri digunakan oleh guru untuk mengoreksi dirinya sendiri terkait adanya kelemahan dan kelebihan dalam pola pembelajaran yang teleh dilaksanakannya sendiri di kelas. Kemiudian guru tersebut melakukan perbaikan diri dari kelemahan2 tersebut dan akan menyempurkan apa yang telah menjadi kelebihannya.

Contohnya, guru mengajar dikelas merasakan ada masalah yang berkenaan dengan rendahnya penguasaan rumus-rumus fisika pada peserta didik yang ia ampu. Ketika guru mau melakukan penelitian tindakan kelas yang digunakan untuk mengumpulkan data  harus dilakukan proses refleksi diri.

Cara untuk mengumpulkan data pada refleksi diri dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yakni :
  1. Apakah penjelasan saya cepaat dalam menjeaskan rumus-rumus Fisika?
  2. Apakah saya terlalu cepat dalam menjelaskan rumus-rumus Fisika ?
  3. Apakah saya sudah memberikan contoh yang memadai ?
  4. Apakah saya telah memberikan kesempatan bertanya yang cukup kepada peserta didik ?
  5. Apakah saya sudah meberikan soal-soal latihan  yang memadai ?
  6. Apakah soal-soal tersebut telah saya koreksi semuanya dan memberi catatan-catatan kesalahan yang dilakukan peerta didik ?
  7. Apakah bahasa yang sayaa gunakan dapat ditangkap dengan jelas oleh seluruh peserta didik ?

Dari pertanyaan-pertanyaan yang ditunjukkan pada diri sendiri  diatas, guru akan menemukan penyebab dari berbagai perasaan yang dihadapi.  Dari sinilah bila pennyebab masalah ditemukan maka solusi akan mudah dicari.  Bila guru jujur mau mengakui kelemahannya  dalam mengajar dari penyebab diri sendiri dan peserta didik  maka akan menghasilkan  nilai diatas KKM lebih dari 75%.

Ketiga, PTK dilakukan didalam kelas sehingga fokus perhatian adalah proses pembelajaran anatara Guuru dansiswa melalui Interaksi. Pada PTK  guru harus fokus kepada proses pembelajaran dalam bentuk interaksi antara guru dan siswa.  Karena tujuan dari PTK yakni untuk meperbaiki pembelajaran yang kaitanya  dengan interaksi anatara guru dan siswa saja.

Keempat, PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran secara terus-menerus. Artinya Dalam PTK dilakukan secara berkelanjutan dari satu bab ke bab lainya atau dari satu semester ke semester lainnya, maka akan ditemukan model pembelajaran yang terbaik. (Referensi Panduan PTK  dari www.divapress-online.com)

Semoga dengan penjabaran tentang karakteristik dalam PTK oleh guru akan memberikan kemudahan para guru dalam melakukan penelitian untuk meningkatkan  minat belajar peserta didik dan akan menghasilkan model pembelajaran yang terbaik.




0 Response to "EMPAT POIN PENTING KARAKTERISTIK PTK GURU"

Post a Comment