KESUKSESAN PTK GURU TERGANTUNG PADA PEDOMAN YANG DIGUNAKAN

Assalamualaikum kuncimedia, Salam Berbudi...Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hal yang harus dipenuhi yakni beberapa pedoman atau prinsip. Karena dengan guru mempunyai prinsip maka hasil dari PTK dapat secara maksimal.

Prinsip-prinsip PTK yang harus guru lakukan adalah sebagai berikut ;
  1. PTK dilakukan dalam lingkungan pembelajaran yang alamiah artinya PTK harus dilakukan tampa mengubah situasi dan jadual pelajaran.
  2. Adanya inisiatif dari guru untuk meperbaiki proses pembelajaran artinya guru dituntut untuk lebih peka terhadap prestasi  belajar siswa-siswinya. Karena dengan kepekaan  inilah yang akan mendorong kemauan guru untuk meperbaiki proses pembelajaran. Guru setelah melakukan pembelajaran dikelas dan melakukan evaluasi hasil belajar maka guru harus melakukan refleksi dari hasl  tersebut apakah ada persoalan-persoalan yang muncul. Disini guru harus jujur dan objektif maka akan menemukan persoalan secara internal dan eksternal. Faktor internalnya biasanya berasal dari siswa atau guru tesebut. Sedangkan fakor eksternalnya yakni sarana prasarana, keluarga dan ekonomi. Bila guru sudah menyumpulkan persoalan yang tumbul maka perlu dilakukan PTK untuk meningkatkan pembelajaran siswa dikelas.
  3. Menggunakan analisis SWOT sebagai dasar tindakan. Pada PTK harus dimulai dengan melakukan analisis SWOT yaitu kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. PTK akan dapat berlangsung apabila terjadi kesesuaian antara guru dan siswa. Dari Analisis SWOT, dua unsur untuk guru yakni kekuatan dan kelemahan sedangkan untuk siswa yakni kesempatan dan acaman.
  4. Adanya upaya kongkret yang haruus diterapkan dari tindak lanjut  melakukan analisis SWOT. Sebagai inisiatif baru dalam PTK haruus mendapatkan bantuan dari berbagai unsur  yang mendapat berlansungnya PTK dari awal sampai selesai.
  5. Merencanakan dengen SMART artinya berdasarkan prinsip SMART (Spesifik, Manageable, Acceptable,  Realistic dan Time-bound) guru harus melakukan penelitian harus mengkomunikasikannya dengan siswa terlebih dahulu, apa inisiatif guru dan apa yang akan dilakukan serta perangkat apa yang akan digunakan. Hal ini dilakukan untuk membuat kesepakatan apaka siswa mampu inisiatif guru atau tidak. Kesempatan ini akan menumbuhkan tanggungjawab pada diri siswa untk sepenuhnya melakukan apa yang akan dilakukan guru dalam penelitian (Referensi dari Buku panduan PTK terbitan divapress-online.com)
Semoga dengan uraian-uraian prinsip dalam PTK makan akan memberikan kemudahan guru dalam melakukan penelitian.

0 Response to "KESUKSESAN PTK GURU TERGANTUNG PADA PEDOMAN YANG DIGUNAKAN"

Post a Comment