KHASIAT JENIS BUAH ANEH MAMPU CEGAH PENYAKIT

Assalamualaikum Kuncimedia,Salam Berbudi....Manusia dalam mempertahankan hidupnya, membutuhkan nutrisi untuk menjaga fungsi tubuh. Nutrisi tersebut berasal dari Tumbuhan dan Hewani. Nutrisi yang didapatkan pada tumbuhan berasal dari  Sayuran dan Buah.  Kekurangan salah satu atau beberapa nutrisi tersebut akan mengakibatkan terganggunya fungsi tubuh tertentu dan menimbulkan penyakit.

Buah salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan banyak mengosumsi buah tiap hari akan mampu mencegah timbulnya penyakit dan secara langsung menjaga kesehatan tubuh.

Banyak jenis buah yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Tapi disini dibahas khasiat lima buah aneh yang mampu cegah penyakit. Kelima buah tersebut namanya sangat asing dan jarang didengar  di sekitar kita.


Berikut ini yakni khasiat lima buah aneh cegah penyakit :

BISBUL : Bisbul atau dengan nama latin Diospyos blancoi.  Kandungan nutrisi dari buah ini dalam 100 gram  adalah kalori 39 kkal, protein 0,7 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 9,7 gr, kalsium 43 mg, fospor 17 mg, besi 0,8 mg. Khasiat dari buah ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh , memperbaiki saluran pencernaan, mengaluskan kulit, menjaga kesehatan mata dan mencegah sembelit.  Bagaimana cara memakan buah bisbul? Caranya makan  buah secara langsung dengan cara dikupas kemudian dibuah isinya, untuk mengurangi baunya yang tajam dapat dicampur buah lain saat dijadikan rujak.

BURAHOL :  Burahol atau yang deikenal dengan nama latin Stelechocarpus burahol. Khasiat dari buah ini yakni dapat mengharumkan badan, pencegah kehamilan sederhana, melancarkan pembangan air seni, menguatkan liver, membersihkan darah, menguatkan paru-paru dan ginjal. Dan daun dari tumbuhan Burahol dapat digunakan sebagai penurun asam urat serta menuuruunkan kolesterol tubuh. Bagaimana cara mengosumsinya? Caranya yakni kupaslah kulitnya lebih tebal. Buah Burahol memiliki 8-10 biji dengan daging yang manis dan harum, licin disekitar biji makannya jangan sampai biji tertelan ya. Buah  setelah dikupas boleh langsung dimakan. Dan jangan makan buah terlalu sering.

CIPLUKAN : Ciplukan atau yang terkenal dengan nama Physalis angulata L. Kandungan kimia alami dari ciplukan yakni Chlorogenikacid, asam sitrun, fisalin, flavonoid,  saponin,polifenol, asam malat,alkaloid,tanin, kriptoxantin, vitamin C dan elaidic acid. Khasiat dari buah ciplukan        dapat sebagai analgetik, peluruh air seni, menetralkan racuun, merdakan batuk,  dan mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh. Bagaimana cara mengosumsinya? Caranya sih buka pembungkusnya  cari sudah matang kemudian langsung dimakan kalau tidak tahan dengan bau langunya bisa direndam dengan air hangkat sebelum dimakan.

GANDARIA :  Gandaria atau lebih dikenal secara internasional dengan nama Bouena macrophylla. Buah ini banyak mengandung vitamin C  tinggi maka khasiatnya membantu meningkatkan produksi kolagen  dan berperan            sebagai aktioksidan. Buah ini juga bermanfaat sebagai pencegah kanker, menurunkan tekanan darah, mencegah stroke dan memperlancar aliran darah. Bagamana dong cara mengosumsinya? Caranya yakni potonglah buah tersebut beberapa bagian selanjutnya rendam dalam air panas sebelum dimakan. Buah ini rasanya asam manis makan bisa dimakan langsung, diambil sarinya atau diblander dan dikosumsi bersama ampasnya. Lebih baik dimakan dalam kondisi segar agar vitamin C masing tinggi.

GOWOK : Gowok atau dikenal secara internasional dengan nama Syzygium polycephalum. Khasiat dari buah ini yakni membantu meningkatkan produksi kolagen karena kandungan vitamin C yang tinggi. Dan buah ini juga dapat bermanfaat sebagai pencegah kanker, menurunkan tekanan darah, memperlancar aliran darah dan mencegah stroke.  Baagaiman dong cara terbaik makan buah ini? Caranya : Gowok enaknya dijus aja kemudian langsung dikosumsi tidak boleh lebih dari 2,5 Jam.  Rasa buah ini yang agak asam  maka lebih baik dikosumsi setelah makan utama atau pada waktu siang aja ya. (Referensi : 68 Buah Ajaib penangkal penyakit penerbit Ar-Ruzz Media)

Semoga informasi ini menjadi rujukan untuk mengosumsi buah yang namanya aneh tetapi kaya manfaat untuk mencegah segala penyakit. Terpenting  cara mengosumsi yang benar akan banyak manfaatnya menjaga kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.                                                                                        

0 Response to "KHASIAT JENIS BUAH ANEH MAMPU CEGAH PENYAKIT"

Post a Comment