LANGKAH PETUNJUK TEKNIS APLIKASI VERIVIKASI DAN VALIDASI CAPESUN MADARASAH TP 2015/2016

Assalamualaikum Kuncimedia, Salam Berbudi...Petunjuk teknik POS UN SD-SMK 2016 sudah dipublikasikan, begitu juga kemenag memberikan petunjuk teknis penggunaan Aplikasi Verivikasi dan Valdasi Data calon Pesera UN (CAPESUN) Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Aplikasi verivikasi dan validasi UN (Verbal UN) madrasah TP 2015/2016 dikembangkan oleh bagian Perencanaan da Sistem Informasi Serditjen Pendidikan Islam untuk mendukung proses pendatan Calon peserta UN TP 2015/2016 dilingkungan Madrasah.  Data hasil updating data EMIS TP 2015/2016 menjadi sumber data Aplikasi Verval UN madrasah. Pada data CAPESUN yang ditampilkan di aplikasi Verbal UN ini adalah siswa kelas 12 MA, 9 MTs dan 6 MI. Untuk melakukan verbal data CAPESUN, madrasah haruus sudah melakukan upload data EMIS semester ganjil TP 2015/2016 melalui Aplikasi EMIS Online. Akun yang dapat diguunakan untuk login kedalam aplikasi verbal UN adalah akun operator lembaga/madrasah

BERIKUT ADALAH TAHAPAN LANGKAH KERJA VERBAL UN TP 2015/2016

PERSIAPAN VERIVIKASI DAN VALIDASI DATA CAPESUM MADRASAH :
  1. Buka pada laman web : http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun pada brawser anda, hingga muncul jendela login seperti tampila dibawah ini :
  2. Untuk dapat login, gunakan akun operator lembaga/madrasah yang sudah terdaftar pada EMIS SDM (nama pengguna dan sandi yang sama dengan yang digunakan untuk ligin kedalam aplikasi EMIS online)
  3. Setelah melakukan login, maka akan muncul tampilan awal aplikasi sebagai berikut :
KEMUDIAN LAKUKAN PENGATURAN PARAMETER UNTUK BERITA ACARA
  1. Lakuka pengaturan parameter untuuk nerita acara serah terima data CAPESUN dengan cara meng-klik menu”Pengaturan
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti fgambar dibawah ini :
PROSES VERIVIKASI DAN VALIDASI (VERBAL) DATA CAPESUN MADARASAH
  1. Langkah pertama, lakukan verbal data CAPESUN, klik menu “Calon Peserta UN
  2. Selanjutnya aka muncul tampilan daftar nama siswa kelas akhir di madrasah yang bersangkutan, seperti tampilan berikut ini :
  3. Lakukan verivikasi dan validasi terhadap data individual selruh siswa kelas akhir, dengan cara mengklik pada nomor urut atau nama siswa yang akan diberivikasi dan divalidasi datanya, hingga muncul tampilan sebagai berikut (lakukan satu persatu hingga data seluruh siswa berhasil verbal) :
  4. Lakukan pemeriksaan pada setiap kolom isi data siswa. periksa dengan cermat dan teliti apakah setiapkolom isian data siswa sudah terisi dengan data yang tept dan akurat. Jika masih ada kesalahan data atau data masing kosong pada kolom-kolom data tertentu, lakukan edit/input data terhadap kolom-kolom tersebut.
PENGUNDUHAN (DOWNLOAD) FILE CALON PESERTA UJIAN NASIONAL
  1. Setelah seluruh data siswa akhir (calon pesera UN) selesai diperiksa, diperbaiki dan dilengkapi, langkah selanjutnya adalah melakukan pengunduhan adata calon peserta UN denga cara meng-klik menu “Unduh data CAPESUN
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini :
  3. Setelah meng-klik tombol OK, maka akan terbentuk sebuuah file Daftar Calon Peserta (DCP) UN hasil unduhan dengan tipe file berektensi.emis. Contoh nama file DCP hasil unduhan adalah : 10264742-MAN-Doloksanggul.emis. Lokasi peyimpanan file hasil unduhan dapat dipilih sesuai dengan keingnan anda.
PENCETAKAN BERITA ACARA SERAH TERIMA DATA CAPESUN
  1. Langkah pertama setelah melakukan unduhan file daftar calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) berektensi.emis, selanjutnya lakukan pencetakan Berita Acara Serah Terima data Calon peserta Ujian Nasional dan lampirannya dengan cara meng-klik menu “Cetak BA CAPESUN”
  2. Selanjutnya akan muncul tmpilan Berita Acara Serah terima data siswa calon peserta UN tahun Pelajaran 2015/2016 seperti gambar di bawah ini :
PENYAMPAIAN DATA CALON PESERTA UJIAN NASIONAL DAN BERITA ACARA
  1. Berita acara serah terima data calon peserta UN beserta lampirannya dibcetak dan ditandatangani kepala madarasah.
  2. Siapkan filedaftar calon peserta UN (DCP UN) yang sudah diunduh (file berektensi.emis) dan 3 (tiga) rangkap berita acara serah terima data calon peserta Un beserta lampirannya yang sudah ditandatangani oleh Kepala Madrasah.
  3. Bawa berita acara dan lampirannya  ke kankemenag kab./kota untuk ditandatangani kepala Seksi Pendidikan Madrasah/pendidikan Islam ke kankemenag kab./Kota  setempat
  4. Bawa file DCP UUN dan 3 rangkap berita acara serah terima data calon peserta UN yang sudah ditandatangani oleh Kepala Madrasah dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidkan Islam beserta lampiranya ke Dinas Pendidikan Kab./kota
  5. Serahkan file DCP UN kepada panitia pendataan UN tingkat Kab./Kota.
  6. Panitia pendatan UN tingkat Kab./Kota mendatangani berita acara serah terima data peserta UN yang sudah disiapkan oleh lembaga/madrasah.
  7. File DCP UN berektensi.emis diserahkan kepada panitia UN tingkat Kab./Kota diserta dengan rangkap satu berita accara dan lampiranya.
  8. File DCP UN berektensi emis diserahkan kepada seksi pendidikan madrasah/ Pedidikan Islam disertai rangkap satu berita acara dan lampirannya ntuk arsip kankemenag kab./kota.
  9. Satu rangkap berita acara dan lampirannya disimpan oleh madrasah ntuk arsip  madrasah bersangkutan
Demikianlah Petunjuk teknis penggunaan Aplikasi Verbal UN tahun Pelajaran 2015/2016 ini disusuun ntuk dapat dijadikan sebagai panduan bagi operator Lembaga/madrasah, operator kankemenag Kab./kota dan operator kanwil Kemenag Propinsi dalam pelaksanaan verivikasi dan validasi data calon peserta UN Madrash TP 2015/2016. Jika dikemudian hari ada perubahan verbal UN maka petunjuk teknis akan ada penyesuaian.

Semoga dengan informasi share ini akan memberikan kemudahan seluruh operator madrasah/lembaga di Indonesia. Dan lebih lengkapnya unduh DI SINI

0 Response to "LANGKAH PETUNJUK TEKNIS APLIKASI VERIVIKASI DAN VALIDASI CAPESUN MADARASAH TP 2015/2016"

Post a Comment