FAKTOR TERPENTING CARA MENGAKTIFKAN OTAK MELEJITKAN DAYA INGATAN

Assalamualaikum sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Manusia untuk mengingat sesuaitu harus memutarkembali  memori yang tersimpan baik dalam otaknya. Ingatan manusia lebih tajam dibanding dengan makluk hidup yang lain. Manusia mempunyai bermiliar-miliar informasi yang ditampung dalam otak tetapi hanya sembilan puluh juta jilid buku tebal yang mampu diingat. 

Biar ingatan kita tetap menerima pelajaran dan teringat dengan bacaan-bacAan yang dikosumsi, ini tidal lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya ingat seseorang. 

Faktor yang mempengaruhi daya ingat menurut buku Melejitkan Daya Ingat oleh Dr.Muhammad as-Saqa'Ied sebagai berikut :

Pertama, Faktor kesehatan, fisiologi, dan kejiwaan yang akan mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari.  Misalkan dalam hal seseorang bagaimana kemampuan belajar dirumah maupun disekolah, daya kosentrasinya,  pemahaman dan hafalannya.

Kedua, Kualitas belajar, ketelitian terhadap materi yang dipelajari, forsi latihan otak disamping penguasaan materi. Dengan pembelajaran melalui tahapan-tahapan akan memberikan kesempatan istirahat bagi otak dan mental  serta membangkitkan perhatian dan motivasi dalam belajar dan mengasah keahlian.

Ketiga, Tingkat penggunaan keahlian dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kali sesorang menggunakan keahlian dengan jarak yang tidak terlalu jauh maka daya ingatan akan lebih tinggi yang dihasilkan oleh otak kita sehingga tingkat kelupaan dapat ditekan.

Keempat, Faaktor Tingkat pemaknaan dan pemahaman terhadap pengalaman  yang dipelajari seseorang dalam kehiduupan sehari-hari. Pada pengalaman yang bermakna akan memudahkan proses penyimpanan dalam ingatan dan memudahkan pemangilan kembali ingatan tersebut.

Kelima, Faktor penghalangan, Faktor ini berhubungan dengan pengetahuan yang baru dipelajari maka akan berpengaruh terhadap pengetahuan lama pada seseorang. Diantara keduanya terjalin suatu interaksi yang menyebabkan  dilupakannya pengetahuan yang tak berguna  bagi kehidupan seseorang tersebut.

Keenam, Faktor kemampuan akal setiap individu yakni motivasi pribadi, perhatian, kesehatan, kondisi kejiwaan, keadaan rumah tangga, kondisi sosial ,studi, faktor-faktor kepribadian yang tertutup dan terbuuka, usia, masa pertumbuhan, kecanduan alkohol,narkotika dan sejenisnya. 

Maka oleh sebab itu, kita haruslah selalu melatih otak kita agar selalu mengingaT memori kembali baik pengetahuan baru maupun lama.  karena dengan cara mengaktifkan otak dengan melatihnya ibarat seseorang melakukan latihan fisik olahraga. 

Cara terbaik untuk melatih daya ingatan adalah dengan membentuk sebuah ingatan yang kemudian diperkuat dengan cara mengaitkannya dengan semua indra tubuh. Biar ingatan tersebut tertanam lama dalam otak maka kita harus belajar membaca secara teratur misalkan mengerjakan teka-teki silang, bermain kartu,catur dan lain. 

Demikian informasi ini semoga bermanfaat kepada siswa TK<SD<SMP<SMA<SMK dan orang Dewasa dan tua. 

0 Response to "FAKTOR TERPENTING CARA MENGAKTIFKAN OTAK MELEJITKAN DAYA INGATAN "

Post a Comment