GANGGUAN YANG MENGGANGGU PADA SAAT MELEJITKAN DAYA INGATAN

Assalamualaikum sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Ingatan seseorang serupa dengan lembaran-lembaran buku yang ditulis setiap hari. Sama dengan otak kita bisa mencatat dan menghapus seperti membuat cacatan buku harian. Otak  juga merekam informasi yang berguna dan melupakan yang tidak terlalu penting. 

Buku harian dapat pula mengalami kerusakan, tinta mengabur atau sebagian lembarannya sobek, itu juga pada otak manuusia. Maka otak juga mengalami kerusakan seperti hilang dari memori ingatan atau file secara total atau sebagian file yang terhapus. Hal ini dapat menimpa file-file lama yang telah tersimpan seumur hidupnya.

Beberapa gangguan psikologis pada ingatan manusia menurut Dr.Muhammad as-Saqa'Ied dalam buku melejetkan daya ingatan : 
  1. Amnesia : Gangguan daya ingat berupa ketidakmampuan secara mendadak untuk menghadirkan kembali informasi penting tentang identitas personal. Gangguan daya ingatan secara lokal/dalam rentang waktu tertentu (jam,menit, hari, bulan atau tahun). Gangguan daya ingatan yang terjadi hanya terbatas pada peristiwa tertentu.
  2. Kehilangan jati diri : Kehilangan realita dunia luar artinya seseorang merasa bahwa dunia tidak berada dalam keadaan sesungguhnya atau berganti dengan dunia lain.
  3. Linglung ; Keadaan dimana ingatan seseorang  akan kembali kemasa lalunya atau kembali pada kondisi normalnya.
  4. Kepribadian ganda : Penderita yang mengalami gangguan ini memiliki dua kepribadian atau lebih. Dimana kepribadian tersebut  mempunyai kekhususan dan karakter psikologis tertentu.
  5. Deja Vu : Kondisi yang terjadi adanya gejala beragam yakni terjadi halunisasi pendengaran, dan kesan akrab
  6. Jamasis Vu ; Kondisi ini sering terjadi ketika seseorang merasa lelah, letih atau karena keracunan.
  7. Ingatan sensitif : Ingatan yang menonjol tentang detil-detil peristiwa tertentu yang diingat lagi oleh seseorang karena keterkaitannya dengan kondisi emosional tinggi yang dialaminya. biasanya ini terjadi pada kondisi pada penderita paranoid dan stress
  8. Melupakan Nama ; Ketidakmampuan seseorang untuk mengingat nama-nama dengan tepat
  9. Fenomena Di ujung lidah ; Ketika seseorang sedang berbicara, ia merasa tahu tentang nama seseorang atau kalimat tertentu, tetapi ia tidak dapat mengingatnya.
  10. Mengingat dan Melupakan mimpi ; salah satu gangguan psikologis yang dapat berpengaruh terhadap daya ingat.
Demikianlah informasi ini tentang permasalahan daya ingatan yang terganggu. Semiga bermanfaat bagi kita semua informasi ini.

0 Response to "GANGGUAN YANG MENGGANGGU PADA SAAT MELEJITKAN DAYA INGATAN"

Post a Comment