MENGURANGI KESIBUKAN GURU MENJELANG AKREDITASI SEKOLAH

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Akreditasi adalah jati diri sekolah sebenarnya. Kenapa sekolah perlu diakreditasi ? karena mutu sekolah dapat dihargai dengan adanya pengakuan pemerintah terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Dalam akreditasi yang harus dilengkapi sekolah sebagai syarat layak tidaknya sekolah tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan. Persyaratan yang harus dipenuhi sekolah tertuang  pada pasal 2 ayat (1) PP Nomor 19 tahun 2005 mengenai lingkup SNP meliputi :
  1. Standar Isi (SI)
  2. Standar Proses (SP)
  3. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SPTK)
  5. Standar Sarana dan Prasarana (S2P)
  6. Standar Pengelolaan (SPL)
  7. Standar Pembiayaan (SPB)
  8. Standar Penilaian Pendidikan (SPP)

Akreditasi sekolah dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu. Selain itu sebagai penentu tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan.

Begitu juga dilakukan oleh SMKN 6 Tebo yang baru pertama kali akan dilakukan akreditasi. SMKN 6 Tebo sampai 2016 baru angkatan ke 2 meluluskan siswa-siswinya. SMKN 6 Tebo memiliki tiga program keahlian yakni Multimedia, Otomotif dan Adminitrasi Perkantoran. Pada akreditasi perdana ini hanya dua program keahlian yang disupervisi yakni Multimedia dan Otomotif. 

Bila melihat kenyataan dilapangan tampa melihat persyaratan lain, SMKN 6 Tebo akan dapat nilai A. Karena unit produksinya sudah menghasilkan karya dan menerima order dari masyarakat dan instansi. Selain itu guru dan siswa SMKN 6 Tebo yang berpestasi pada tingkat propinsi dan nasional sudah ada.

Kabar yang diterima pertama kali oleh seluruh guru, tenaga kependidikan dan siswa bawa akreditasi akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 April 2016. Dengan informasi tersebut, para guru menerimanya dengan santai karena apa yang diminta dalam delapan standar itu banyak yang sudah dipersiapkan. Detik-detik mendekati Hari H, kabar terbaru dari kepsek bahwa akreditasi akan di undur dari 23 sampai setelah pelaksanaan UN SMP 2016. Mau tanggal berapapun, SMKN 6 Tebo sudah siap.

Dengan adanya akreditasi menyebabkan seluruh sekolah kebanyak menjadi sibuk baik guru, tenaga kependidikan, kepsek dan ektrakulikulernya. Harusnya hal ini tidak terjadi bila Delapan standar disosialisasikan terus menerus kepada guru dan tenaga kependidikan  dan mereka memahami apa isinya tersebut. Guru, tenaga Kependidikan, dan kepsek tidak akan sibuk sampai jam pulang sekolah tertunda apalagi sebagian sekolah lembur demi akreditasi sekolah, bila delapan setandar sebagai syarat akreditasi tersebut di penuhi setiap tahunnya di Akhir Pelajaran atau diawal Pelajaran ( bulan Mei- Agustus).

Kesibukan pesiapan akreditasi yang mendadak atau instan yang dilakukan akan menyebabkan terbengkainya pembelajaran di kelas. Bila ada pembelajaran dikelas hanya berupa tugas-tugas saja. Ini akan menyebabkan siswa mempunyai kesempatan untuk kabur keluar lingkungan sekolah. Karena siswa sekarang kurang kepatuhannya terhadap guru dibandingkan siswa pada tahun sebelum tahun 2005 lebih menerima apa yang ditugaskan guru.

Di SMKN 6 Tebo tidak banyak kesibukan yang menyita dalam persiapaan Akreditasi karena sebagian besar sudah dipersiapakan tiap tahunnya. Dengan persiapan Akreditasi ini tidak mengorbankan siswa artinya siswa tetap mengikuti pembelajaran yang diberikan guru sesuai waktu  yang ditentukan.

Demikianlah coretan tentang persiapan akreditasi yang sampai meyibukkan guru melebih waktu mengajar dikelas. Semoga kedepan sekolah yang akan melaksanakan akreditasi, siapkanlah bahan akreditasi sedini mungkin agar semua aktivitas disekolah tetap berjalan semua sesuai seperti sebelumnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "MENGURANGI KESIBUKAN GURU MENJELANG AKREDITASI SEKOLAH"

Post a Comment