SUASANA PRAKTIK DAN LANGKAH KERJA CARA MEMBUAT BATERAI KENTANG

Asalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam berbudi......Kepada bapak ibu guru SMP/SMA/SMK yang mengajar sains termasuk SMK dengan program keahliaan teknologi  kesehatan dan pertanian  untuk mendukung pembelajaran yakni melakukan praktik setiap babnya. Dengan cara ini akan memudahkan materi diajarkan oleh guru cepat diserapkan oleh peserta didik.

Model pembelajaran sistem ini  lebih berhasil dibanding dengan sistem ceramah, atau disikusi. Praktik yang dilakukan tidaklah harus menunggu alat dan bahan tersediakan disekolah. Bisa aja cara sederhana dan bahan dan alat yang dapat peserta didik bawa dari lingkungan rumahnya itu bisa dilaksanakan.

Inilah bukti nyata praktik yang memanfaatkan  alat dan bahan yang mudah didapat disekitar kita. Misalnya seorang guru Fisika yang mau melakukan praktik baterai kentang di Laboratorium IPA tetapi alat yang dibutuhkan tidak ada, bagaimana cara bila melakukan praktik?. Maka cara yang terbaik yakni guru tersebut meminta bantuan kepada setiap kelompok membawa peralatan yang dibutuhkan.

Seperti dilakukan oleh guru Fisika SMKN 6 Tebo yang akan mengadakan praktik membuat baterai kentang pada peserta didik kelas XI Otomotif, ternyata Alat yang dibutuhkan pada Laboratorium IPA tidak ada. Maklum peralatan Fisika di SMKN 6 tebo hanya ada alat pengukuran saja.

Inilah aktivitas kegiatan praktik siswa-siswi SMKN 6 Tebo saat buat baterai Kentang  :





Demikianlah praktik yang dilaksanakan oleh XI otomotif SMKN 6 Tebo di laboratorium IPA yang sedang membuat baterai dari kentang. Dalam praktik tersebut tiga kelompok yang mampu membuktikan lampu bisa hidup saat dihubungkan kabel yang berasal dari kentang. Sedangkan dua kelompok lampunya tidak hidup. Semoga kedepan praktik ini dapat ditingkatkan kembali kelebih sempurna.

0 Response to "SUASANA PRAKTIK DAN LANGKAH KERJA CARA MEMBUAT BATERAI KENTANG"

Post a Comment