SMKN 6 TEBO MEMAKNAI HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2016

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Bulan Mei 2016 ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh Kemendikbud selama satu bulan penuh. Ini sesuai Surat Edaran yang diterbitkan oleh  Mendikbud Anies Baswedan.  Poin penting yang bisa digarisbawahi dari Surat Edaran tersebut, seluruh Institusi pendidikan dalam satu bulan melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah.

Menindaklanjuti Surat Edaran tersebut, OSIS SMKN 6 Tebo memaknai Hari Pendidikan Nasional dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang dapat menggali inovasi yang kreatif dari seluruh peserta didik. Kegiatan yang diadakan oleh OSIS adalah lomba yang meningkatkan minat dan kreativitas siswa melalui program keahlian masing-masing. Kegiatan lomba ini dilakukan dengan waktu yang tidak ditentukan yang pasti pada bulan Mei 2016. Tujuan pelaksanaan dengan waktu pemberitahuan secara mendadak agar seluruh siswa yang mengikuti lomba tetap siap.

Inilah photo kegiatan lomba menulis Artikel dengan tema “Sekolahku Kekasihku” di Laboratorum KKPI, Kamis (12/5/2016) sebagai berikut :


TIM JURI DAN  PESERTA  MENULIS ARTIKEL KEL .2
PESERTA MENULIS ARTIKEL KEL.1 DLIHAT DARI KIRI
PESERTA MENULIS ARTIKEL KEL 1 DILIHAT DARI KANAN
PESERTA MENILIS ARTIKEL KEL.2 DILIHAT DARI KANAN
PESERTA MENULIS ARTIKEL KEL.2 DILIHAT DARI KIRI

Menurut Pembina OSIS, Tutik Eka Rohyani mengatakan, setiap kegiatan yang tidak diikuti oleh peserta, ada sangsinya.  Bagi kelas yang tidak mengirim delegasinya untuk setiap event lomba mendapatkan denda 100.000 sebagai kas OSIS. Begitu juga pada lomba mading kelas. "Apabila isi mading kelas tidak sesuai tema, maka akan digugurkan dalam kegiatan LKS Kejuruan dan dapatkan tambahan denda,"Katanya 

Setiap siswa hanya mengikuti satu kegiatan lomba sebagai utusan kelas. Setiap katagori lomba minimal tiap kelas mengirim 2 orang perwakilan. Khusus untuk LKS program keahlian masing-masing kelas pada keahlian sama mengirim 10 orang perwakilanya.

Kegiatan lomba dibagi menjadi 6 katagori yakni sebagai berikuti :
  1. Program Keahlian Multimedia : Mading Kelas, Menulis Artikel, Cipta dan Baca Puisi, OSTN Matematika, LKS Animasi karikatur karakter Guru dan Siswa, LKS Design Piagam. 
  2. Program Keahlian Teknik Sepeda Motor : Mading Kelas, Menulis Artikel, Cipta dan Baca Puisi, OSTN Matematika, LKS Pengelasan, LKS Pengaman Sepeda Motor.
  3. Program Kahlian Adminitrasi Perkantoran : Mading Kelas, Menulis Artikel, Cipta dan Baca Puisi, OSTN Matematika, LKS Tata Ruang Perkantoran, LKS Dana Kas Kecil.

Pada saat ini, kegiatan lomba yang sudah selesai dilaksanakan  yakni lomba “Mading Kelas” dan “Menulis Artikel”. Lomba Artikel ini dikuti oleh 16 siswa yang dibagi dalam 2  kelompok. 

Tata tertib lomba Menulis Artikel yang harus dipatuhi seluruh peserta yakni :
  1. Lomba dilakukan secara adil dan transparan 
  2. Seluruh peserta tidak boleh membawa flesdisk/contekan/plagiat (menulis yang pernah ditulis sekolah atau orang lain) dan Hp.
  3. Peserta tidak boleh bertukar pendapat sama peserta lain
  4. Peserta wajib mengambil undian untuk mendapatkan nomer sesuai yang tertera di komputer. 
  5. Penjelasan selama 5 menit oleh juri tentang poin yang dinilai dalam lomba Artikel.  
  6. Setiap peserta menulis artikel dengan waktu 1,5 jam.  
  7. Hasil Menulis artikel akan dipuplikasikan pada papan pengumuman OSIS beserta nilainya.
  8. Hasil tulisan artikel disimpan di Data "D"
  9. Poin penilaian Menulis Artikel yang diberikan oleh juri meliputi 4 poin yakni : Penulisan, Kesesuian gambar dan isi, Isi serta Kesesuian judul dan tema.

Penilaian diberikan oleh tiga juri yang berpengalaman dalam penulisan artikel yakni Tutik Eka Rohyani, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia), Budi Laksono, S.Pi (Guru Fisika dan Penulis pada Website www.budilaksono.com/ , www.pmrwiraskanato.blogspot.com) dan Reko Metra,S.Kom (Guru Multimedia dan penulis pada website www.rekometra.blogspot.com ).

Demikianlah informasi tentang  SMKN 6 Tebo memaknai Hari Pendidikan Nasional. Semoga dengan adanya kegiatan ini, SMKN 6 Tebo akan banyak menemukan talenta-talenta peserta didik yang inovatif dan kreatif.  Dengan harapan  tahun 2017 pada peringatan Hari Pendidikan Nasional banyak lagi katagori LKS sekolah dilombakan. Semoga bermafaat.

0 Response to "SMKN 6 TEBO MEMAKNAI HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2016"

Post a Comment