UKG TIDAK PERLU DILAKSANAKAN BILA GURUNYA BERKOMPETEN, BIARKAN SISWA YANG MENILAI

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi.....UKG tidak perlu dilakukan bila guru tersebut berkompeten. Guna mengetahui tingkat kemampuan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik di sekolah, siswa memiliki peranan yang cukup penting dalam memberikan penilaian terhadap kinerja mereka.

Menurut Pegiat Forum Interaksi Guru Banyumas (Figurmas), FA Agus Wahyudi, mengungkapkan dalam melakukan penilaian terhadap kemampuan guru harus dilakukan secara komprehensif. Adapun pihak yang paling otentik untuk menilai para pendidik adalah siswa. ”Di sekolah siswa sebagai pengguna dan tahu persis seorang guru itu layak untuk mengajar atau tidak,” jelasnya.

Agus menambahkan, selama ini penilaian terhadap kemampuan guru baru dalam tataran aspek kognitif, sedangkan kompetensi sosial dan kepribadian belum. Kalau kompetensi sosial dan kepribadiannya saja belum, bagaimana mau mengukur kemampuan guru yang sebenarnya?

Kemudian Agus mengatakan, uji kompetensi guru baru mengukur kompetensi profesional dan pedagogik, sehingga belum komprehensif. Oleh karena itu, Kemendikbud semestinya membuat instrumen penilaian agar dapat mengukur tingkat kompetensi guru.

Di samping itu, Kemendikbud juga harus membuat sebuah program-program yang menarik dan inovatif agar guru semakin berkompeten. Dengan demikian Selain guru berusaha meningkatkan kompetensi, pemerintah juga harus ikut mendorong dengan menyelenggaran program peningkatan kompetensi.

Sementara Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Takdir Widagdo, mengatakan dalam waktu dekat pemerintah akan menggelar pendidikan dan pelatihan bagi guru. Hal ini sebagai tindak lanjut dari hasil uji kompetensi guru beberapa waktu lalu. (Sumber : Suaramerdeka)

Demikanlah informasi UKG tidak perlu dilakukan bila guru tersebut kompeten. Biarkan siswa yang belajar sama mereka yang menilai terhadap kinerja guru tersebut. Semoga kompetensi guru baik yang linier maupun tidak linier ditingkatkan agar mengajar lebih berkarakter untuk menghasilkan siswa yang berkarakter juga. Keberhasilan SDM masa depan ditanganmu guruku. Semoga bermanfaat.

0 Response to "UKG TIDAK PERLU DILAKSANAKAN BILA GURUNYA BERKOMPETEN, BIARKAN SISWA YANG MENILAI"

Post a Comment