TRIK PUASA SEHAT LAKUKAN DENGAN SEMBILAN CARA INI

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Senin, 6 Juni 2016, muslim dunia termasuk Indonesia melaksanakan ibadah puasa. Puasa dihari pertama biasanya menjadi tantangan yang cukup berat karena membutuhkan penyesuaian.  Karena banyak  godaan terutama yang berhubungan dengan minuman dan makanan.

Selain godaan makanan dan minum, yang harus kita mampu menahan yakni godaan lain adalah dalam lisan/ bicara, menjaga pandangan mata dan menjaga hati kita tetap suci serta tetap menjaga sholat lima waktunya agar tidak bolong-bolong. Dengan harapan agar puasa kita tidak berkurang pahalanya.

Puasa bukan sekedar tidak makan dan minum selama 13-14 jam. Puasa Ramadan memiliki tujuan pembelajaran hidup sehat bagi mereka yang menjalani. Bahawasannya melalui puasa akan menyembuhkan segala penyakit. Maka oleh sebab itu puasa sehat harus lakukan sembilan hal agar puasanya menjadi bermanfaat bagi kesehatan.


Sembilan hal yang harus diperhatikan agar puasa membawa jiwa dan hati kita sehat serta bermanfaat untuk kesehatan yakni :

Lakukan Sahur

Sahur saat puasa itu sama dengan sarapan saat tidak melakukan puasa dipagi hari. Pada sahur adalah hal yang sangat penting pada tahapan puasa maka tubuh harus dijaga staminanya. Pada puasa diibutuhkan energi yang banyak, maka makanan yang disediakan dalam sahur bernutrisi. 

Apabila dalam puasa tidak melakukan sahur , maka akan makan lebih banyak dibuka puasanya yang bisa sebabkan penambahan berat badan.  Sahur lebih baik dilakukan pada saat 30 menit atau diperlambat sebelum imsak dan makanannya harus sehat itu baik untuk menjaga kadar gula darah sehat

Makan Saat Berbuka Secukupnya

Pada saat berbuka, lakukan minum air putuh dulu satu gelas, kemudian lakukan sholat magrib terlebih dahulu. Kemudian makan ringan yakni buah-buahan, selanjutnya baru makan yang lebih berat yakni nasi. Tapi dalam berbuka jangan makan tergesa-gesa nikmat tiap makanan yang dikunyah tersebut. Kunyalah makanan tersebut sebanyak 33 kali biar terasa untuk kesehatan pada tubuh.

Tanamkan pada diri kita puasa harus selalu menyehatkan, maka makan jangan berlebihan dan tinggalkan makanan yang tidak menyehatkan. Jangan gara-gara puasa malah menimbulkan penyakit seperti koresterol dan gula darah naik.

Menghindari Makanan Berminyak

Pada sahur dan berbuka hindarilah makanan berminyak, agar kalian tak merasa cepat haus saat menjalankan puasa. Alangkah baiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayur selama Ramadhan.

Menjaga kebutuhan cairan (Minum 8 gelas)

Pada saat sahur dan berbuka, jangan lupa untuk minum banyak air, sehingga asupan mineral dalam tubuh tetap terjaga. Minimal standar dalam satu hari minum 8 gelas cairan begitu juga saat sahur dan berbuka puasa. Karena setiap orang harus mengonsumsi cairan 30 cc/kg berat badan setiap hari, termasuk selama di bulan puasa. Asupan cairan selama puasa bisa ditingkatkan sesaat dan setelah berbuka, saat beraktivitas malam atau sebelum tidur, dan selama sahur.

Mengatur waktu Tidur

Salah satu penyakit di masyarakat yang muncul selama bulan puasa adalah waktu tidur yang kacau. Tidur memang lebih baik daripada membayangkan makanan saat puasa. Tapi, tidur tidak lebih baik daripada melakukan aktivitas lain yang lebih produktif. Padahal kecukupan tidur, termasuk di malam hari, harus lebih dijaga ketika puasa.  Justru kalau kita terlalu memanjakan tubuh, tubuh akan lemas dan semangat produktif menurun.

Lakukan Olahraga di Sore Hari

Bagaimana pun olahraga atau aktivitas fisik adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan, termasuk saat berpuasa. Tapi, pilihlah waktu di sore hari agar kadar gula darah yang turun dapat segera diganti ketika berbuka.

Makan Buah dan Sayur

Bulan puasa bisa dijadikan waktu yang baik untuk mulai membiasakan pola makan sehat. Kecukupan konsumsi buah dan sayur harus tetap dijaga selama puasa. Makan makanan berserat ini juga akan membantu mencegah makan banyak saat berbuka.

Puasa Lakukan dengan Ikhlas

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan jiwa dan pikiran juga akan didapatkan ketika puasa dilakukan dengan penuh keikhlasan. (Referensi : Krjogja)

Lakukan membaca Tilawah atau Alqur'an

Pada saat puasa lakukan lebih banyak membaca tilawah atau Alqur'an agar hati dan pikiran kita lebih tenang. Dengan sering membaca tilawah kita dapat mengidari rasa kecemasan pada diri dan menjauhi padangan yang akan menggugurkan pahala puasa. Otomatis akan menyehatkan tubuh kita.

Demikianlah delapan melakukan puasa yang menyehatkan bagi tubuh dan dapat menghambat penyakit masuk dalam diri kalian serta dapat menyembuhkan segala penyakit. Semoga informasi ini akan menjadi referensi bapak ibu dan saudara sekalian yang sedang menjalankan puasa. Semoga info bermanfaat.

0 Response to "TRIK PUASA SEHAT LAKUKAN DENGAN SEMBILAN CARA INI"

Post a Comment