TAHUN 2016 PROGRAM SM-3T MENGIRIM 3000 SARJANA PENDIDIKAN KE 56 KABUPATEN SELURUH INDONESIA

Assalamualaikum sahabat Kuncimedia
Salam berbudi....Tahun 2016 kemdikbud mengirim 3000 sarjana pendidikan yang mengajar di 56 kabupaten di Indonesia. Para sarjana pendidikan ini mengajar di daerah 3T yang dikenal dengan program SM-3T. 3000 sarjana pendidik terpilih merupakan hasil dari seleksi sebagai calon guru program SM-3T angkatan ke 6.

Para sarjana pendidikan ini akan diberangkatkan kedaerah yang sudah ditentukan oleh kemendikbud pada tanggal 1 September 2016. Pelepasan secara simbolis akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2016 secara telekonferensi. Dan sebelumnya tangal 24-26 Agustus 2016 dilakukan penetapan lokasi bagi para sarjana pendidik yang lolos program SM-3T.

Menurut Sumarna Surapranata, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud menjelaskan, pelaksanaan SM-3T sudah berjalan selama lima tahun di bawah Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud saat itu, dan di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tahun ini yang merupakan tahun ke-6 pelaksanaan SM-3T, pengelolaannya berada di bawah Ditjen GTK Kemendikbud.


“Dalam pelaksanaannya, SM-3T melibatkan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dari 12 perguruan tinggi negeri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, serta perwakilan pemerintah kabupaten (dinas pendidikan) yang menjadi lokasi sasaran SM-3T,” ,” ujar Pranata dalam acara Koordinasi Penetapan Penempatan Calon Peserta SM-3T di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Sumarna menambahkan, SM-3T juga menjadi wadah bagi calon guru untuk program Guru Garis Depan (GGD). Setelah mengikuti SM-3T selama setahun di sebuah daerah, para lulusan SM-3T akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), kemudian mendapat kesempatan untuk diprioritaskan dalam seleksi program GGD.

Dari akhir penjelasannya menekankan ketika guru garis depan itu sudah ditempatkan sebagai guru PNS di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), mereka bisa bertahan karena sudah punya pengalaman mengajar di program SM-3T selama satu tahun.

Demikianlah informasi tentang penetapan lokasi dan pemberangkatan para sarjana pendidikan yang mengabdi di daerah SM-3T angkatan ke-6. Semoga dengan langkah yang diambil oleh lulusan sarjana pendidikan untuk langkah tercepat menjadi PNS. Semoga info ini bermanfaat.

0 Response to "TAHUN 2016 PROGRAM SM-3T MENGIRIM 3000 SARJANA PENDIDIKAN KE 56 KABUPATEN SELURUH INDONESIA"

Post a Comment