VALIDASI DAN VERIVIKASI DATA GTK DALAM PROSES PENERBITAN NUPTK 2016

Assalamualaikum sahabat Kuncimedia.
Salam Berbudi......Pendataan guru dan tenaga Kependidikan tidak lagi secara manual tetapi langsung ke pusat melalui dapodik. Pesinkronisasi dari Dapodik ke Pusat melalui Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Kemudian dilakukan proses verifikasi dan validasi (verval) oleh PDSPK untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran data. Untuk data GTK yang valid akan masuk ke dalam arsip referensi.

Untuk data GTK yang belum memiliki NUPTK maka akan masuk kandidat penerima NUPTK, dan akan dijadikan calon penerima NUPTK berdasarkan analisis kebutuhan guru/sim rasio. Untuk data GTK yang invalid maka akan dilakukan validasi.


Pada proses penerbitan NUPTK, operator sekolah harus memeriksa data GTK yang sudah masuk daftar calon penerima NUPTK melalui aplikasi Verval GTK. selanjutnya Operator Sekolah memberitahukan kepada GTK untuk melengkapi dokumen persyaratan calon penerima NUPTK sesuai Surat Edaran Ditjen GTK nomor 14652/B.82/PR/2015.

Persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon penerima NUPTK yakni :
  1. KTP
  2. SK PNS/CPNS dan SK Penugasan dari Dinas Pendidikan setempat (untuk GTK PNS/CPNS) atau SK Pengangkatan Guru Tetap Yayasan (GTY) minimal 2 tahun secara terus menerus sampai dengan bulan Januari 2016 tidak berlaku surut (untuk GTK non PNS yang mengajar di Sekolah Swasta) atau SK Pengangkatan Bupati/Walikota/Gubernur (untuk GTK Non PNS yang mengajar di Sekolah Negeri),
  3. Ijazah dari SD, SMP, SMA/SMK, S1/D4.

Kemudian melalui aplikasi verbal GTK, langkah yang harus dijalankan operator sekolah yakni men-scan dan meng-upload dokumen persyaratan (scan dokumen asli dan berwarna)

Selanjutnya melakukan verval data calon penerima NUPTK dan melakukan analisis kebutuhan guru/sim rasio yang dilaksanakan oleh Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota. Jika valid dan memenuhi persyaratan maka selanjutnya data tersebut di-approve. Jika tidak valid dan ditolak maka diberikan alasannya.

Dirjen GTK melalui operatornya melakukan verval data calon penerima NUPTK dan dilakukan analisis kebutuhan guru/ sim rasio. Jika valid dan memenuhi persyaratan maka selanjutnya data tersebut di-approve. Jika tidak valid dan ditolak maka diberikan alasannya.

PDSPK menerbitkan NUPTK berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Operator Ditjen GTK. Progres dan status pengajuan calon penerima NUPTK dapat dilihat oleh Operator sekolah melalui aplikasi Verval GTK (di menu “NUPTK” > “Status Penerima NUPTK”)


Demikianlah informasi tentang proses penerbitan NUPTK yang harus dimiliki oleh Guru dan tenaga kependidikan. Semoga informasi ini akan memberikan kemudahan operator dalam menerbitkan NUPTK GTK. semoga informasi ini bermanfaat

0 Response to "VALIDASI DAN VERIVIKASI DATA GTK DALAM PROSES PENERBITAN NUPTK 2016"

Post a Comment