TRIK CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH ALA SMK

Assalamualaikum Sahabat kuncimedia
Salam Berbudi...Kesehatan didambakan oleh seluruh manusia. Karena keadaan sehat aktivitas bisa lancar. Maka banyak orang katakan sehat itu mahal. Mahal disini bukan menhabiskan uang banyak tapi dengan menerapkan pola hidup sehat maka badan sehat.

Orang yang dikatakan  sehat bukan hanya dilihat fisiknya saja tetapi mental dan sosialnya juga. Kata kesehatan bagi kita itu sama dengan kesejahteraan seseorang dari segi fisik, mental dan sosial sehingga dapat hidup  dengan sejahtera dilingkungan sosialnya dimana berada maupun secara ekonomisnya.

Menjaga kesehatan sangat penting diketahui, dipahami dan harus dijalankan karena dengan tubuh yang sehat maka secara otomatis akan terhindar dari segala penyakit.

Setiap individu berbeda-beda cara dalam menjaga kesehatannya yang terpenting adalah dalam tubuh kita tetap sehat maka otomatis jiwa juga akan sehat.
Oktalya dan Mustofa lakukan giliran Cek up Kesehatan rutin per bulan
Salah satu trik menjaga kesehatan tubuh  ala SMK yakni sebagai berikut :
  1. Lakukan ibadah sesuai agama masing-masing (bagi muslim lakukan sholat 5 waktu setiap hari apalagi bisa menambahkan dengan sholat tengah malam)
  2. Makan buah dan sayur minimal 400 gram tiap hari
  3. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan perbanyak makanan mengandung protein alami
  4. Kurangi makanan yang mengandung minyak (gorengan, krupuk dan santan)
  5. Minum air putih rebusan sebanyak 9 gelas (3 liter/hari). Minum air putih hangat satu gelas pada saat bangun tidur dipagi hari dan satu sendok makan madu yang dilarut dalam air hangat.
  6. Membatasi kosumsi gula, micin dan garam
  7. Berolahraga tiap hari minimal 1 jam (Bisa dilakukan dipagi hari atau sore hari), olahraganya berupa jalan kaki, bersepeda atau senam dll. Terpenting tidak menguras tenaga
  8. Kena sinar matahari minimal 30 – 1 Jam setiap hari
  9. Bila kerja di kantor yang banyak duduk, harusnya setiap dua jam berdiri lakukan olahraga ringan biar rileks kembali.
Kesehatan kita bisa dikontrol dengan cara lakukan cek up setiap bulan sekali terutama mengetahui berat badan, kadar lemak tubuh, kekuatan otot, umur sel tubuh, tensi. Begitu pula  yang dilakukan guru SMKN 6 Tebo. Setiap bulan sekali SMKN 6 Tebo kedatangan tamu dari puskesmas unit Sapta Mulia untuk lakukan cek up  guru dan karyawan. Program cek up tiap bulan ini adalah tampa biaya atau gratis.

Dengan cara ini maka guru dan karyawan SMKN 6 Tebo  bisa terapkan pola hidup sehat kembali, apa makanan yang harus dikurangi atau ditambah.

Demikianlah informasi tentang cek up kesehatan rutin guru dan karyawan SMKN 6 Tebo oleh Pukesmas Unit Sapta Mulia. Semoga kegiatan yang dilakukan oleh pukesmas Unit Sapta Mulia dan pukesmas lainnya di Kabupaten Tebo akan terlaksana terus. Semoga informasi ini bermanfaat oleh seluruh guru dan karyawan

0 Response to "TRIK CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH ALA SMK"

Post a Comment