RANGKAIAN PELAKSANAAN DIKLAT GURU SAINS SMK TINGKAT PROVINSI JAMBI

Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Dalam upaya meningkatakan mutu sumberdaya manusia Indonesia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan, pemerintah memadang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara minimal jenjang SMK.

Dengan dasar inilah pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan mengadakan diklat pembinaan guru Sains SMK Tahun 2016  yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang harus diselenggarakan baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan kesiswan. Selain itu untuk meningkatkan kompetensi dan profesional guru sains SMK.

Pelaksanaan Diklat dibagi menjadi dua angkatan yakni angkatan pertama tanggal 28 Nopember sampai 2 Desember 2016 dan angkatan dua tanggal 02 sampai 6 Desember 2016 di Hotel Ratu Residence Thehok.

Tema dalam kegiatan diklat sains 2016 yakni kegiatan pembinaan Olimpiade Sains  Nasional SMK Tingkat Propinsi 2016.  Peserta diklat adalah guru sains SMK yakni Fisika, Matematika teknologi dan non teknologi, Kimia dan Biologi.  Jumlah peserta yang mengikuti diklat 300 orang yang terbagi menjadi dua dimana masing-masing-masing 150 orang.

Peserta diklat angkatan pertama diikuti oleh Kabupaten Sarolangun, merangin, Tebo, Bungo dan Kota Jambi.  Sedangkan angkatan kedia diikuti oleh kabupaten Batanghari, Muara Jambi, Tanjabtim, Tanjabbar, Kerinci dan Kota kerinci.

Pola kegiatan pembinaan diklat di berikan dalam bentuk materi  dari nara sumber  yang kompeten dan profesional dari guru-guru terbaik SMA di Kota Jambi. Dan selain itu narasumber didatangkan dari Pusat yakni P4TK.

Salah satu contoh Susunan Acara Diklat Fisika Terapan dilaksanakan tiap hari dari pukul 07.30 sampai 21.00. Diawali dengan pri trest soal olimpiade sebanyak 40 soal selama satu jam. Kemudian dilanjutkan dengan materi. Susunan materi tersebut yakni : Mekanika (A), Elektronika dan Fluida (B), listrik Magnetik (C), Fisika Modern (D), Alat Peraga Fisika (E), Getaran gelombang dan bunyi (F), Suhu kalor dan termodinamika (G), cahaya dan optik (H) dan kapita selekta (I).  Dan penutupan di akhiri dengan Postest.

Demikianlah rangkaian tentang pelaksanaan Diklat Kegiatan pembinaan Olimpiade Sains Nasional SMK 2016 Tingkat Provinsi Jambi. Semoga dengan adanya pelatihan ini, guru sains SMK dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan serta profesionalnya dalam pembelajaran di kelas maupun luar kelas. Semoga info bermanfaat.

0 Response to "RANGKAIAN PELAKSANAAN DIKLAT GURU SAINS SMK TINGKAT PROVINSI JAMBI "

Post a Comment