SEMANGAT YANG TINGGI DITUNJUKKAN SISWA KELAS X MM IKUTI PRAKTIK FISIKA SMK

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi.... Guru mata pelajaran Fisika SMK ini berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan praktik setiap bab  yang diperlajari. Agar siswa lebih mudah memahami indikator  dan tujuan materi yang diberikan.  Seperti pembelajaran yang dilakukan di SMKN 6 Tebo.

Siswa-siswi Kejuruaan Multimedia kelas X melakukan praktik pada hari Selasa tanggal 15 Nopember 2016 bab I tentang Pengukuran. Pelaksanaan praktik Hasil Pengukuran dilakukan di Laboratorium IPA SMKN 6 Tebo pada jam 14.30 sampai 17.00 WIB.

Antusias siswa-siswi kelas X MM mengikuti praktik sangat tinggi itu dibuktikan dengan bahan yang dibawanya lengkap dan peserta datang sebelum waktu yang telah ditentukan.

Dalam satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok kecil untuk melakukan praktik pengukuran uang logam dan batang papan kecil dengan menggunakan alat Jangka sorong dan mikrometer sekrup. Setiap kelompok mendapatkan masing-masing satu alat ukur baik jangka sorong maupun mikromete rsekrup. Pengukuran suatu benda dilakukan secara berulang.

Iniliah photo kegiatan praktik Kelas X Multimedia SMKN 6 Tebo, saat Melaporkan Hasil Pengukuran secara Individu dalam kelompok :

KESERIUSAN SELURUH PESERTA PRAKTIK 
KELOMPOK II SEDANG MENYELESAIKAN LAPORAN HASIL PENGUKURAN

KELOMPOK I  DENGAN SERIUS MEMBUAT LAPORAN INDIVIDU

kELOMPOK III BERKERJASAMA MELAKUKAN PERHITUNGAN SECARA LENGKAP 

KELOMPOK IV SEDANG MENYALIN DATA HASIL PENGUKURAN KE LAPORAN
Dalam pelaksanaan praktik, penilaian yang diberikan adalah sebagai berikut :
  1. Lengkapnya bahan dan datang tepat waktu
  2. Selama praktik siswa dilarang bicara kecuali waktu diskusi
  3. Setiap perorangan dalam kelompok tidak boleh berkunjung di kelompok lain
  4. Mampu menjawab pertanyaan sebelum dan sesudah praktik
  5. Trampil menggunakan alat
  6. Mampu membaca alat ukur secara tepat
  7. Akurasi dalam melakukan pengamatan
  8. Mampu melaporkan hasil pengukuran
  9. Kerjasama dalam kelompok

Setiap individu/ perorangan dalam kelompok membuat Laporan Hasil Pengukuran masing-masing dengan menentukan rerata hasil pengukuran lengkap dengan ketidakpastiaannya. Waktu 2,5 Jam terasa sebenter karena tidak semua kelompok yang berhasil  membuat Laporan Hasil Pengukuran tersebut. Ini disebabkan karena tidak meratanya kemampuan mereka dalam hal perhitungan tampa menggunakan bantuan alat cerdas.

Tetapi secara keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi  kelas X MM pada Praktik Hasil Pengukuran yang merupakan praktik perdana tersebut dengan hasil yang cukup bagus.

Hasil nilai praktik ini akan di gabung dengan nilai prilaku dan nilai kognitif setiap siswa yang merupakan nilai akhir setiap semester/sebagai nilai raport.

Selanjutnya pada Hari Rabu 16 November 2016 pada waktu yang sama akan dilakukan Pengamatan Hasil Pengukuran oleh Kejuruan Otomotif SMKN 6 Tebo kelas X TSM2. Dan pada Kamis 17 November 2016 pada waktu dan pengamatan yang sama oleh kelas X TSM1.

Semoga langkah awal ini akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam mengikuti praktik-praktik selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 Response to "SEMANGAT YANG TINGGI DITUNJUKKAN SISWA KELAS X MM IKUTI PRAKTIK FISIKA SMK"

Post a Comment