SIDANG PERTANGGUNGJAWABAN PERDANA LAPORAN PRAKERIN

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi.....Selamat pagi selamat beraktivitas semoga diberikan kelancaran dalam mengikuti kegiatan proses belajar.

Pada bulan November 2016, SMKN 6 Tebo, Kejuruan Adminitrasi Perkantoran mengadakan sidang pertanggungjawaban secara massal siswa kelas XII. Pelaksanaan pertanggungjawaban tersebut di sidangkan di gedung Labor KKPI mulai tanggal 16 – 20 Nopember 2016. Waktu persidangan dimulai pukul 09.00 – 13.00 WIB.

Menurut Ketua Jurusan Adminitrasi Perkantoran  Mellynda Veronica, S.Pd pada sambutan pembukaan sidang laporan Hasil Praktek Kerja Industri di Gedung Labor KKPI SMKN 6 Tebo, dengan adanya sidang laporan hasil prakerin ini, diharapkan siswa mampu  mempertanggungjawabkan judul laporan prakerin sesuai dengan praktik yang dilakukan selama di DU/DI.


Mellynda menambahkan, Tujuan dari dilakukan sidang Laporan hasil Prakerin untuk memberikan pelajaran yang berharga kepada siswa bagaimana cara memaparkan didepan umum  dengan bahasa yang baik dan benar. Sehingga bila mereka sudah dimasyarakat tidak ada kendala bagaimana cara berkomunikasi.

Persidangan pertanggungjawaban ini dilakukan satu kali dalam satu tahun pelajaran. Persidangan Laporan Hasil Prakerin ini  merupakan yang perdana. Persidangan diikuti oleh 20 siswa-siswi kelas XII untuk mempertanggungjawabkan hasil Praktik kerja Industri (Prakerin) yang telah diikuti selama 3,5 bulan yang lalu.

Pelaksanaan persidangan tidak dilakukan dalam satu hari saja tetapi dilakukan selama 4 hari. Setiap harinya siswa yang mengikuti jadual sidang sebanyak 5 peserta.

Menurut salah satu siswi yang mengikuti sidang pertanggungjawaban, rasanya berdebar-debar atau grogi  harus mempresentasikan didepan guru penguji. Kami nyakin mampu menyelesaikan dengan baik karena kami sudah beberapa kali latihan di rumah bersama teman2 bagaimana caranya bila ada pertanyaan dari guru penguji.

”Wajar bila grogi karena kami presentasi per individu didepan tiga guru penguji. Tiga guru penguji tersebut yakni Tutik Eka Rohyani, SPd., M.Aziz Muklis, M.Pd dan Mellynda Veronica, S.Pd.  Semoga rasa grogi ini akan hilang sendirinya bila sudah memaparkan  laporan hasil prakerin didepan guru penguji,”katanya siswa tersebut. Dan ini juga diamini oleh seluruh peserta yang mengikuti sidang perdana.

Demikianlah informasi tentang sidang pertanggungjawaban judul yang diajukan oleh siswa selama mengikuti praktik kerja industri di DU/Di. Semoga dengan informasi ini akan memberikan wawasan kepada seluruh peserta didik bila mau mengikuti prakerin dapat disesuaikan dengan judul yang diidam-idamkan. Semoga info bermanfaat.

0 Response to "SIDANG PERTANGGUNGJAWABAN PERDANA LAPORAN PRAKERIN "

Post a Comment