SMK INI SUDAH LAKUKAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID DAN IOS

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi..... Sekarang Indonesia menuju penerapan IT diseluruh lini. Dengan langkah ini maka sekolah juga memanfaatkan IT untuk kemajuan sekolah. salah satunya yakni Sekolah Menengah Kejuruan YKPP Bontang, Kalimantan Timur memanfaatkan smartphone berbasis android atau iOS untuk mengerjakan soal ujian Semester.

Secara teknis, ujian kali ini tak memiliki perbedaan mencolok dengan ujian konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja. Berbekal keinginan mencoba dan tak pernah puas para tim IT SMK YKPP menggagas sebuah eksperimen dengan memanfaat kecanggihan teknologi dewasa ini.

“Memudahkan para siswa agar tidak ribet dalam mengerjakan ujian, nah kami 5 guru IT SMK YKPP coba-cobalah kami tanyakan ke siswa kira-kira sepakat apa tidak jika pengerjaan ujian nasional menggunakan Smartphone,” ungkap Hasdar Jaya salah satu guru IT SMK YKPP.

Dengan penawaran dari sekolah tersebut para siswa serempak setuju, terlebih siswa tak perlu lagi repot-repot menyiapkan alat tulis seperti pensil 2b, penggaris UN dan penghapus. Cukup mengganti jawaban dengan mengKlik salah satu huruf yang dirasa benar jawaban sudah bisa terganti. Hasdar melanjutkan, ia bersama ke-4 rekannya melakukan pengembangan aplikasi pelaksanaan ujian nasional yang sudah ada di Android dan IOS.

“Kalau di Android ada di playstore banyak bertebaran dari beberapa pilihan untuk pelaksanaan ujian, kami coba aplikasi yang sudah ada tinggal kami perbaharui dan utak-atik sedikit,” ungkapnya.

Untuk teknis pengerjaan soal pada prinsipnya, lanjut Hasdar, siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar. Masing-masing siswa memiliki akun untuk mengerjakan soal mata pelajaran yang diujikan.

Dijelaskan, untuk smartphone berbasis android dan IOS mereka memiliki 5 server yang mampu menampung 250 client atau akun. Sedangkan bagi siswa yang memiliki spesifikasi di bawah rata-rata dipersilahkan membawa laptop. Bahkan, jika siswa tidak memiliki laptop, sekolah sudah menyediakan 70 unit komputer.

“Kalau PC dan laptop servernya 2 bisa yang kita tampung 150 client, sebenarnya bisa dua ratus cuman daya listrik yang terpakai cukup besar. Makanya ujian ini kami bagi dua sesi pagi dan siang,” jelas dia.


Pelaksanaan Ujian Semester berbasis Komputer (USBK) tidak memiliki kendala berarti. Pasalnya, mayoritas siswa di sekolah telah menggunakan smartphone berbasis Android dan IOS. Hanya sebagian kecil yang tidak meme Hp berbasis android maupun laptop. Sekolah memfasilitasi siswa tersebut dengan mengunakan komputer sekolah untuk mengikuti ujian.

“Mungkin bagi anak-anak yang smartphonenya memiliki aplikasi yang cukup besar makanya agak berat untuk menjalankan aplikasi ujian, jadi sebelum ujian kami kumpulkan semua HP anak-anak yang berat. Selain itu, kami juga sudah melaksanakan simulasi sebanyak dua kali sebelum ujian ini,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal, dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan, selain soal-soal yang diacak, para siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google.

“Paket datanya kami sudah matikan semua, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian,” tandasnya. ( Sumber : bisnis.liputan6.com dalam ditpsmk)

Semoga dengan langkah maju memanfaatkan IT yang digagas oleh SMK ini akan meningkatkan kemudahan lain yang dalam segala kegiatan di sekolah. Semoga langkah ini diikuti sekolah lain. Semoga bermanfaat.

0 Response to "SMK INI SUDAH LAKUKAN UJIAN SEMESTER BERBASIS ANDROID DAN IOS"

Post a Comment