PETUNJUK PEDOMAN PENDAFTARAN MELALUI BIDIKMISI 2017

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam berbudi...Program bidikmisi merupakan program unggulan pemerintah untuk membantu mahasiswa untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan. Peminat kuliah melalui bidikmisi setiap tahun mengalami kenaikan jumlahnya. Karena terakhir pada tahun 2016 sebanyak 416.428 pelamar dan yang diterima hanya 75.000 saja.

Tujuan program bidikmisi yakni meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik berupa bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa diploma maupun sarjana sampai selesai dan tepat waktu.

Dan persayaratan untuk  pendaftar pada tahun 2017 adalah :
  1. Siswa SMA/SMK/MA yang lulus tahun 2017 dan 2016
  2. Usia paling tinggi para pendaftar 21 tahun dan tidak mampu secara ekonomi
  3. Siswa penerima BSM dan pemegang KIP, pendapatan kotor orang tua/wali (suami istri) maksimal R. 3.000.000,- per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluaraga maksimal Rp. 750.000,- setiap bulannyaa.
  4. Pendidikan orang tua/wali maksimal S1 atau diploma 4
  5. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari kepala sekolah
  6. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN dan PTS.

Dan kuota pada tahun 2017 ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi baik PTN, PTS, politeknik dan UT.

Bantuan biaya pendidikan bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetepkan sebagai penerima bidikmisi diperguruan tinggi yaktu : Program sarjana dan diploma 4 maksimal 8 semester, Program Diploma III maksimal 6 semester, Program diploma II maksimal 4 semester dan Program diploma I maksimal 2 semester

Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi maksimal sebesar Rp. 2.400.000 per mahasiswa per semester. Sedangkan biaya pengelolaan  bidikmisi diberikan ke perguruan tinggi sebesar Rp. 600.000.

Dan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa minimal sebesar Rp. 3.900.000 per mahasiswa persemester. Sedangkan biaya hidup awal bgi calon mahasiswa yang berasal dari luar kota yang besarnya maksiml Rp. 600.000.

Demikianlah informasi tentang pedoman program bidikmisi tahn 2017. Semoga dengan pedoman ini akan memudahkan calon/mahasiswa untuk mengajukan bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, SM, di PTN, pendaftaran di politeknik, UT ddan PTS. Semoga info bermanfaat. Lebih lengkap pedoman bidikmisi 2017 silahkan klik DI SINI

0 Response to "PETUNJUK PEDOMAN PENDAFTARAN MELALUI BIDIKMISI 2017"

Post a Comment