TPG 2017 UNTUK GURU PNS DAN HONORER AKAN SEGERA DICAIRKAN

Assalamualaikum Sahabat Kuncimedia
Salam Berbudi....Pengalihan kewenangan pengelolaan SMA dan SMK dari kabupaten/kota ke provinsi termasuk guru, maka pemerintah tidak serta merta membuat guru non-PNS diberhentikan. Semua guru baik PNS dan Non PNS juga diserahkan ke Provinasi. Demikian yang disampaikan oleh Dikdasmen Hamid Muhammad.

Hamid mengatakan pemerintah provinsi dapat melakukan penghitungan ulang jumlah guru non-PNS di daerah masing-masing. Sehingga bisa ditentukan kebutuhan anggaran untuk pembayaran gaji. Juga untuk mengetahui daerah mana saja yang kekurangan guru.

Sementara itu, Menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, para guru tidak perlu khawatir nasib guru SMK/SMA non PNS karena akan dapat TPG

Inilah Alokasi TPG 2017 disiapkan oleh Kemendikbud :

Guru PNS :
SMA : 146.440 orang (Rp 6,356 triliun)
SMK : 82.734 orang (Rp 3,590 triliun)
(mekanisme melalui dana transfer daerah)

Guru Non PNS:
SMA : 27.051 orang (Rp 621 miliar)
SMK : 34.432 orang (Rp 791 miliar)
(mekanisme dari Kemendikbud ke guru)
Sumber : Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud

Sumarna menjelaskan gajinya guru PNS sudah dialihkan dari dana alokasi umum (DAU) kabupaten/kota ke provinsi. Dan TPG  non PNS pada tahun 2017 ini juga sudah dialokasikan. Dana ini sudah adan di Kemendikbud. Alokasi dana guru non PNS  Rp. 1,4 Triliun untuk 61 ribu orang.

Sedangkan masalah gaji guru honorer SMA dan SMK sebaiknya dikoordinasikan lagi. Sebab selama ini kebanyakan guru honorer itu direkrut oleh pihak sekolah sendiri. Pemerintah provinsi selaku pengelola SMA dan SMK berhak untuk mengetahui rekam jejak rekrutmen guru di SMA dan SMK. Apakah benar-benar dilakukan karena sekolah mengalami kekurangan guru.(Referensi : jawapos)

Demikianlah informasi tentang alokasi TPG 2017 bagi guru Honorer SMA/SMK. Semoga informasi ini menjadi kabar yang baik bagi seluruh guru baik honorer. Semoga info bermanfaat.

0 Response to "TPG 2017 UNTUK GURU PNS DAN HONORER AKAN SEGERA DICAIRKAN"

Post a Comment