POIN PENTING KETENTUAN PENGGUNAAN DANA BOS SMK SESUAI JUKNIS BOS DALAM PERMENDIKBUD NO.8 TAHUN 2017

Assalamualiakum Sahabat Kuncimedia,
Salam berbudi.....Kepada seluruh jenjang sekolah, kemendikbud menerbitkan permen kemendikbud RI nomor 8 Tahun 2017 tentang petunjuk Teknis bantuan BOS.

Point penting isi Permen Kemendikbud nomor 8 tahun 2017  adalah :
  1. Dalam permen ini terdiri dari 4 pasal yang diterbitkan oleh Menteri kemendikbud pada tanggal 22 Februari 2017 dan diundangkan pada tanggal 27 Febuari 2017.
  2. Pada Permen nomor 8 tahun 2017 ini poin penting dalam penjelasan di lampiran.

Inilah petunjuk teknis BOS dalam lampiran dari Permen kemendikbud nomor 8 tahun 2017 yakni sebagai berikut :
  1. Tujuan BOS baik SD/SDLB/SMP/SMPLB dan SMA/SMALB/SMK
  2. Sasaran untuk seluruh jenjang sekolah yang diselengarakan oleh pusat, propinsi dan daaerah
  3. Bos yang diterima pada tingkat SD sederajat Rp. 800.000,-/peserta didik/tahun, Tingkat SMP sederajat Rp. 1.000.000,- /peserta didik/tahun dan tingkat SMA sederajat dan SMK Rp. 1.400.000,- /peserta didik/tahun.
  4. Waktu penyaluran BOS dilakukan triwulan : Januari-maret, April-Juni, Juli-september dan Oktober-Desember.
  5. Pengelolaan BOS menggunakan manajemen berbasis sekolah
  6. Dibentuk tim BOS Pusat,Provinsi dan kabupaten/kota dan tim BOS Sekolah. Pada tim Bos sekolah terdiri dari Kepsek sebagai penanggungjawab , anggotanya bendahara dan satu orang wali murid diluar komite sekolah yang disetujui oleh kepsek dan komite sekolah serta penanggug jawab pendataan.
  7. Penetapan alokasi meliputi : a). pendataan melalui dapodik menurut jenjang sekolah, b). Penetapan alokasi BOS tiap Provinsi/kabupaten/kota, c). Penetapan alokasi bos tiap sekolah.
  8. Penggunaan dana  meliputi : a). ketentuan pengunaan BOS sekolah, b). Komponen pembiayaan BOS pada SD/SDLB dan SMP/SMPLB, c). Komponen Pembiayaan BOS pada SMA/SMALB, d). Komponen Pembiayaan BOS pada SMK.

Ketentuan penggunaan BOS Pada SMK sebagai berikut :
  1. Pengembangan perpustakaan : sekolah wajib membeli/ menyediaakan buku teks pelajaran untuk peserta didik  dan guru sesuai kurikulum yang dipakai. Dan dapat membeli selain buku teks mengacu aturan yang ditetepakan oleh kemendikbud.
  2. Penerimaan peserta didik baru meliputi pendaftaran (pengadaan formulir, adminitrasi), penetuan peminatan/psikotest, publikasi (pembuatan spanduk,brosur dan lain2), biaya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, kosumsi penyelenggara kegiatan dan transportasi.
  3. Kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler : a). pengadaan alat dan bahan habis pakai praktikum pembelajaran, b). pembiayaan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran (remedial, pemantapan persiapan ujian, pelaksanan try out dan lainnya), d). Pembiayaan untuk menyelenggarakana kegiatan pembinaan peserta didik melalui ektrakulikuler seperti OSIS, Pramuka,PMR,UKS, Pembinaan Olimpiade Sains, Seni, Olahraga, LKS, Kegiatan Kepemimpinan dan Bela negara, dan/lainya. Pembiayaan pengembangan pendidikan berkarakter, pengembangan sekolah sehat/aman. Cakupan Pembiayaan untuk kegiatan pembelajaran dan ektrakulikuler baik alat/bahan habis pakai, kosumsi, transportasi, honor guru pembimbing dan jasa profesi nara sumber  dari luar sekolah (jika diperlukan).
  4. Kegiatan evalusi pembelajaran  meliputi ujian harian sampai semester, UKK, US, UNBK, fotocopi soaldan laporan pelaksanaan UNBK, kosumsi,transportasi, biaya pengawas dari luar, unbk, simulasi ubk, biaya pembelian alat/bahan jaringan komputer pelaksanaan ubk, biaya jasa jaringan, biaya penulisan ijazah smk.
  5. Pengelolaan Sekolah salah satunya adalah biaya untuk membangun dan/atau mengembangkan serta pemeliharaan website sekolah dengan domain “sch.id”. Pembiayaan meliputi pembelian domain, kosumsi, transportasi dan/atau jasa profesi pengembang website.
  6. Pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan serta pengembangan manajemen sekolah
  7. Langganan daya dan jasa
  8. Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah
  9. Pembayaran honor guru akibat peralihan dengan jumlah 15% dari dana bos diterima sekolah. wajib mendapat penugasan dari pemerintah daerah yang disetujui oleh kemendikbud melalui sekjen berdasarkan usulan dari dinas provinsi.
  10. Pembelian alat multi media pembelajaran
  11. Penyelenggaraan Kegiatan Uji kempetensi dan sertifikasi kejuruan
  12. Penyelengaraan Bursa kerja Khusus dan prakerin
  13. Dan ketentuan tambahan menegnai pembiayaan BOS SMK.

Demikianlaah informasi tentang point penting petunjuk juknis BOS 2017. Semoga seluruh sekolah harus memahami dan mematuhi sesuai dengan ketentuan dalam pedoman ini. Lebih lengkap akses tentang Pedoman juknis BOS sekolah 2017 DI SINI

0 Response to "POIN PENTING KETENTUAN PENGGUNAAN DANA BOS SMK SESUAI JUKNIS BOS DALAM PERMENDIKBUD NO.8 TAHUN 2017"

Post a Comment