INILAH MANFAAT BAIK MAKAN NANGKA MATANG

Assalamualaikum Sahata Kuncimedia
Salam Berbudi......Apakah bapak ibu tidak mengenal buah nangka? Buah yang satu ini pantas untuk dinikmati karena rasa manisnya dan juga segar. Banyak orang yang mengolah buah nangka menjadi jusa atau juga manisan.

Buah nangka bisa Anda jadikan sumber gizi dan protein untuk tubuh karena buah ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang baik.

Berikut ini manfaat dan khasiat nangka yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Care2, Minggu (17/9).

Sarat dengan nutrisi

Nangka adalah buah padat nutrisi. Nangka mengandung phytonutrients, vitamin, mineral dan elektrolit. Berikut adalah nutrisi dalam satu cangkir (165 gr) nangka. Kalori 157, Serat makanan 2.5 gr. Protein 2.8 gr., Kalium 739 mg., Karbohidrat 39 gr., Vitamin B6 25 persen asupan harian yang direkomendasikan (RDI)., Magnesium 12 persen dari RDI., Vitamin C 37 persen dari RDI., Kalsium 4 persen dari RDI. Nangka juga mengandung sejumlah kecil zat besi, vitamin A, sodium, folat dan seng.


Bisa mencegah defisiensi magnesium

Tahukah Anda bahwa 50 sampai 80 persen orang Amerika kekurangan magnesium? Asupan makanan rendah magnesium yang rendah harus disalahkan untuk hal ini. Faktor lain yang berkontribusi termasuk konsumsi transgenik, penyakit pencernaan dan penggunaan obat-obatan buatan yang tinggi. Secangkir nangka akan memberi Anda 12 persen asupan magnesium harian yang disarankan. Penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium yang memadai bisa menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Secangkir nangka mengandung 37 persen asupan vitamin C harian yang disarankan. Dan seperti yang Anda ketahui, vitamin C melindungi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit. Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang berarti akan melawan radikal bebas di tubuh Anda. Radikal bebas telah dikaitkan dengan penuaan dini, kanker dan risiko infeksi yang tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C bisa mengurangi risiko kanker payudara.

Bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Nangka bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda karena mengandung vitamin B6. Studi ini menemukan bahwa suplementasi asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 bisa menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung sebesar 25 persen. Kalium juga dikenal untuk mengatur tekanan darah. Dan secangkir nangka akan memberi Anda 21 persen dari potasium yang direkomendasikan setiap hari.

Mengatasi masalah pencernaan Anda

Biji nangka mengandung serat dalam jumlah tinggi. Mengonsumsi makanan berserat tinggi mengurangi sembelit dan memperbaiki pergerakan usus. Serat juga bisa membantu menurunkan berat badan jika itu tujuan Anda.

Bisa meningkatkan kesehatan mata

Nangka mengandung vitamin A. Nutrisi ini telah terbukti bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah katarak dan korteks. Lutein Zeaxanthin, senyawa yang ditemukan dalam nangka membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet dan gelombang cahaya berbahaya lainnya.

Mencegah osteoporosis

Peningkatan asupan magnesium dan kalsium bisa memperkuat tulang dan menurunkan risiko osteoporosis dan artritis. Beruntung bagi kita, nangka mengandung kedua nutrisi tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa kadar magnesium dalam tubuh yang memadai membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin D.(Sumber : jawapos).

0 Response to "INILAH MANFAAT BAIK MAKAN NANGKA MATANG "

Post a Comment